About A Bird

Songs:
"Free As A Bird" - The Beatles
"Blackbird" - The Beatles
"Falling Slowly" - Lee Dewyze and Crystal Bowersox, written by Glen Hansard



Free.. as a bird
it's the next best thing to be
like a homing bird I fly
like a bird on wings..

"Free As A Bird" - The Beatles
*Menulis ini sambil merasai kupu-kupu menggelitiki perut sayaaaaa..!*

Gini deh tiap kali abis bertelur album. Perasaan campur aduk semacam es campur disiram madu liar organik. Segar menyehatkan!

Banyak hal yang bikin saya jumping over the moon bikin album ini. 

Pertama: lirikanmu. Eh, salaaaah.. itu donk lagunya Rafika Duri jaman almarhum Ayah saya masih mudaaaa! Ulang!

Pertama: dia berbentuk burung. Hihihi.
Saya gak pernah bikin album yang bentuknya spesifik kayak gini. Ostosmastis si burung jadi the hero of the dish donk. Maksudnya, saya gak bisa ngaco seenak puser seperti biasa. Kalo albumnya berbentuk burung, mosyok saya tempelin gambar petinju sih? Which by the by, jadi ngingetin saya sama chipboard frame tema sport yang belom  saya pake. Bakal nanti nyecrap foto-foto waktu sekeluarga nonton bola Indonesia lawan Malaysia. Sembari gak ada yang nanya. 
Saya beli chipboard album ini tahun lalu dari Patrice, di suatu sore ketika langit berpelangi ikal, waktu janjian sama Ria buat ngintip album Journeynya. Kalo gak salah Patrice belinya di Malaysia, sebab harga-harganya masih keliatan dalam RM. Saya juga beli bingkai mini terbuat dari tembaga tipis dari Patrice dan lem Beacon nan sakti itu dari Isur. Ngomong-ngomong, kenapa ya cuma saya yang manggil dia Patrice, sesuai nama panjangnya Patricia. Orang-orang lain manggilnya, Si, Si.. Maksudnya PatriSia, gitu? Kan Patricia pake c, gak pake s. *terus aja analisa'*

Kedua: dia kecil.
Waktu pertama kali.. kujatuh hati.. *Rafika Duri lagi* pegang-pegang chipboard ini, sumpah saya gak tau dan gak ada bayangan bakal diapain. Yang ada di pikiran saya cuma satu: kalo saya jadiin album, gampang bawanya ke mana-mana. Kerana saya itu suka bermasalah sama album-album gede: gak bisa dibawa-bawa tanpa repot. Berat, bulky. Apalagi album A Week In The Life yang setebel tembok itu. Pedahal saya seneng banget mamerin album-album saya ke orang-orang, hahaha. Ato untuk saya buka-buka di jalan, terutama pas lamunan ilang gegara metromini lewat nyemburin asap knalpot.

Nah, kayak gantungan yang saya bikin buat tiga sahabat saya tempo hari dan saya gantung di spion mas Fordy, seneng banget tiap liat itu sepanjang nyetir, langsung inget mereka dan momen-momen indah nan lucu menggemaskan yang udah kita alamin. Secara ngumpulin mereka susahnya semacam ngegiring gundu pake sapu. Lagian orang lain juga bisa nikmatinnya kan? Kalu albumnya gede, beuhh.. nggrapyak aja gitu di rumah. Pedahal justru lagi di perjalanan itu frekuensi galau biasanya tinggi, butuh dihibur sama yang indah-indah dan membelai-belai hati, hahaha.

Ketiga: I got to play with the coarse texture gel yang udah lama nunggu saya perbudak.
And I loooove the result, heart it so much!! Very sandy, berasa semacam efek laut dan pantai banget *hlah, katanya burung?*. Err.. di pantai kan ada burung. 

Keempaaat... bentaaaar, ganti lagu dulu. *ceklek*

blackbird singing in the dead of night
take these broken wings and learn to fly
all your life, you were only waiting
for this moment to arise..

"Blackbird" - The Beatles

Keempat: album ini saya kerjakan di sela-sela waktu saya bermain dengan hal-hal lain. 
Kelar sorting foto, atau abis manggang pesenan kukis, sambil nonton TV.. yang ini bo'ong denk. Yang bener, sambil nyetel Falling Slowly sekenceng-kenceng topan badai Kapten Haddock!

Gak ada waktu khusus yang saya spare untuk scrapping si birdie ini. Setiap hari berakhir, nyempluk di sofa, pasang lagu keramat itu, turn up the volume sampe tulisan Are you nuts?  Yaaaah.. sampe kira-kira atep paviliun menjelang jebol deh. Tarik toolbox berlidah Jagger, dan nyecraplah saya dengan nikmat dan egoisnya. Santai, gak ada target, gak ambisius. Gak mikir apa-apa selain nyanyi ngikutin Mama Sox sambil ngebayangin narik-narik rambut gimbalnya yang super cool.

It's the best way to scrap, really. Totally.

Kelima: Beatles related theme *grin*
Well, almost semua album saya *jiah, gaya.. kayak banyak aja*, naturally song related, or at least ada lirik lagu di dalamnya. Semata karena di kepala saya constantly selalu senantiasa ada lagu yang mengalun bernyanyi tak tahu diri. Tapi yang ini jadi ekstra spesial pake telor kerana begitu masuk tahap journalling, jeder!! Falling Slowly sontak tahu berontak berganti Free As A Bird, Black Bird dan Real Love. *eh, eh, kenapa Real Love ikut-ikutan?*

Saat itulah. Ketika tangisan gitar George Harrison menteong-teongi ruangan, saya memutuskan bahwa lagu ini gak butuh foto! Bo'ong lagi denk. Saya aja males milih-milih foto, hahaha. Pedahal kalo saya tarokin foto saya yang lagi ngukur langit Yogya  dan main-main di Candi Boko tempo hari, pas banget! 

Keenam: I got to use sponge brush yang tempo hari saya beli instinctively di toko buku. Aha! Ternyata smudging pake sponge brush ini sedep bener! Hasilnya lebih cakeb dibanding langsung ngegosokin StazOn ke pinggiran kertas. Aaaaah, syedep, syedep..

Ketujuh:.. udah abiiiiis, gak ada yang ketujuh! Ketujuh, dusta!

Yaaaah, saya bisa aja sih listing sampe panjang banget tentang hal-hal yang saya suka dari pengerjaan album mungil namun rame ini. Sampe 60 juga bisa kayak buku 60 Resep Anti Gagalnya mbak Fatmah *bo'ong lagi. gak bisa.* Termasuk lirik lagu Blackbird dan Free As A Bird yang saya tempelin ke sekujur badannya, dan vellum yang saya bentuk jadi kayak gulungan parchment. 

Tapi sebaiknya saya berhenti di sini sebelom yang baca terbosen-bosen.

Lagian sebetulnya, album ini udah lama kelarnya, kurang lebih sebulan lalu. 

Enjoy the album, folks. Now I'm wrecking my brain on gimana caranya nyelipin satu, umm.. dua, foto itu! *Warning: the danger of what-if!* Riaaaaaaaa, help!

Love, Riana

falling slowly, eyes that know me,
and I can't go back
moods that take me and erase me,
and I'm painted black

falling slowly, sing your melody
I'll sing it loud

"Falling Slowly"
Lee Dewyze and Crystal Bowersox
written by Glen Hansard























Comments

  1. yang ke 7 : menerbangkan si burung menghampiri si pelangi ikal mungkin mba'Ri...?? ;D

    uuh pita birunya lucu banget.... 'simple thing" tapi gag sesimple buat albumnya kayanya....hehe,

    ReplyDelete
  2. Rianaaaa....rasanya aku pengen peluk kamu sekarang juga...(*terisak saking terharu karena bagusnya..)

    ReplyDelete
  3. @ all: thank youuuu.. *atep jebol lagi*
    @ Isur: iya coarse texture, asik loh Sur.. cakeeep jadinya, artistik banget :)

    ReplyDelete
  4. Kalo belum comment di sini belum sedep. :))

    "Let your bird soar and fly high, Na......" *jebolin atep2nya.........

    And be kind, set aside the 'what if' for another album, just to keep our mind in place and our heart at ease. *keplak

    *peluuuuuuuk

    ReplyDelete
  5. @ Ria: Riiii.. sungguh dirimu sangat mengerti kejamnya "what if" itu.. huhuhu.. *peluk rapet*

    ReplyDelete
  6. Keren artikelnya ^^ Tolong kunjungi dan comment balik blog saya http://marcuel.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Mbak Riana, gara2 baca post ini jatuh cinta sama lagunya Free As A Bird. Cihui lah pokoknya.Matur nuwun terima kasih ya...

    ReplyDelete

Post a Comment